Selasa, 11 Februari 2014

Do'a

Rasulullah saw tidak pernah lalai mengingatkan kita tentnag pentingnya perdo'a. Bahkan, untuk memotivasi kita, beliau bersabda, "Sesungguhnya Allah itu Maha Pemalu lagi Maha Mulia, Dia malu kepada hambaNya yang mengangkat kedua tangannya dalam do'a, lalu Dia mengembalikannya dalam keadaan hampa." (HR. Ibnu Hibban)

Membaca hadits tersebut, sepertinya menjadikan kita yakin kalau semua do'a kita pasti akan dikabulkan. Namun kenapa ada juga yang sudah lama berdo'a dan bersungguh-sungguh, tapi belum juga terkabul? Berikut dijelaskan oleh Ibnu Qayyim, "Do'a adalah sebab paling kuat untuk menolak sesuatu yang tak diinginkan, atau mengharapkan terwujudnya sesuatu yang didamba. Namun, terkadang pengaruhnya ditangguhkan oleh sebab: do'a itu lemah karena mengandung sesuatu yang tak disukai Allah, seperti karena adanya permusuhan; atau sebab lemahnya hati dan tidak dihadapkan sepenuhnya kepada Allah saat berdo'a, sehingga kedudukannya sama seperti tekad lemah yang melahirkan kelemahan; atau oleh sebab adanya faktor-faktor yang menyebabkan do'a itu tertolak, seperti makanan haram, atau ada dosa-dosa yang menguasai hati, atau diliputi kelalaian, kelengahan, dan kesia-siaan yang mengalahkannya."

Penjelasan Ibnu Qayyim di atas sangat jelas, kenapa do'a kita belum juga terkabul. Apakah memang kita terlalu banyak dosa, ataukah tanda-tanda yang telah disebutkan oleh Ibnu Qayyim itu memang ada dalam diri kita? Memang kita harus bermuhasabah, agar kita tidak menyangka yang bukan-bukan karena do'a kita belum diijabah oleh Allah. Merenungkan kembali apakah do'a kita sudah benar.

Yang tak kalah penting, walaupun do'a kita belum juga ada jawaban, kita harus selalu berpikiran positif dan tidak patah semangat. Bukankah Allah itu sesuai dengan prasangka hambaNya? Dan bukankah apa-apa yang kita anggap baik juga belum tentu baik menurut Allah? Allah Maha Tahu yang terbaik buat kita. Kita tidak perlu mencampuri keputusan yang akan diambilNya. Ikhtiar, berdo'a, tawakkal dan merasa ikhlas akan keputusanNya adalah yang terbaik. InsyaAllah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu